Senin, 26 Juli 2010

Layer pertama dan kedua pada Model Referensi OSI

Pada Model Referensi OSI(Open System Interconnection) terdapat 7 layer atau lapisan. Kali ini saya akan membahas perangkat-perangkat yang terdapat pada layer pertama dan kedua pada Model Referensi OSI.

Layer pertama pada model referensi OSI:

1. Layer Physical

Ini adalah layer yang paling sederhana. Berkaitan dengan electrical (dan optical) koneksi antar peralatan. Data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat ditransmisi melalui media jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layer Physical. Peralatan seperti Kabel, RF (radio Frequency), NIC, Repeater, dll berada pada layer ini.

2. Layer Data-link

Layer ini sedikit lebih “cerdas” dibandingkan dengan layer physical, karena menyediakan transfer data yang lebih nyata. Sebagai penghubung antara media network dan layer protocol yang lebih high-level, layer data link bertanggung-jawab pada paket akhir dari data binari yang berasal dari level yang lebih tinggi ke paket diskrit sebelum ke layer physical. Akan mengirimkan frame (blok dari data) melalui suatu network. Ethernet (802.2 & 802.3), Tokenbus (802.4) dan Tokenring (802.5) adalah protocol pada layer Data-link. Peralatan seperti Switch, dan perangkat lain yang bisa melakukan ARP berada pada layer ini.


Sumber:

-http://disconnected32.wordpress.com/2008/09/22/pengenalan-jaringan/

-http://www.facebook.com/topic.php?uid=59821105868&topic=10112

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan..