Jumat, 16 Juli 2010

Klasifikasi Jaringan Komputer

Kali ini saya akan membahas tentang Klasifikasi Jaringan Komputer.

Klasifikasi Jaringan Komputer berdasarkan skala yang dijangkaunya dibagi menjadi 3 golongan, yaitu:


1. Local Area Netework adalah jaringan milik pribadi dalam 1 lokasi. Biasanya terdapat di kantor-kantor, perusahaan, pabrik dan kampus atau sekolah. LAN pada umumnya menggunakan media transmisi berupa kabel, seperti kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) pada jarak maksimum 100 meter, kabel Coaxial hingga 500 meter, bahkan Serat Optik (Fiber Optic) dalam jarak lingkar 3 kilometer. LAN pertama kali ditemukan oleh Robert Metcalf.
Biasanya Jaringan Komputer golongan ini digunakan karena:
• Beroperasi dalam area yang terbatas atau kecil.
• Memberi akses user-user melalui media dengan bandwidth tinggi.
• Menyediakan konektivitas full-time untuk servis-servis local.
• Melakukan koneksi secara fisik antar perangkat yang berdekatan.
• Menyajikan control jaringan secara privat di bawah kendali administrator lokal(Network Administrator).


2. Metropolitan Area Network adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran dsb. MAN merupakan versi besar dari pada LAN. Media transmisinya adalah Serat Optik, tetapi banyak yang menggunakan fasilitas komunikasi telepon seperti jalur sewa (leased line, T1 line), atau menggunakan antena parabola melalui gelombang mikro (microwave), bahkan antena Satelit.

3. Wide Area Network adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. Mesin ini disebut HOST. HOST dihubungkan oleh sebuah subnet komunikasi atau cukup disebut SUBNET. Tugas subnet adalah membawa pesan dari satu host ke host lainnya.

Klasifikasi
Jaringan Komputer berdasarkan fungsinya dibagi menjadi 2, yaitu:

1. Peer-to-Peer adalah jaringan dimana setiap Host dapat menjadi Server dan Client secara bersamaan. Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan hardware seperti Printer dan Scanner secara bersama-sama.

2. Client-Server
adalah jaringan dimana komputer Client bertugas melakukan permintaan data dan Server bertugas melayani permintaan tersebut. Jadi tugas Server adalah penyedia data, program dsb untuk digunakan oleh Client. Dan tugas Client sendiri adalah sebagai pemakai atau user dari fitur-fitur yang disediakan oleh Server.

Sumber:
-http://www.id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan..